Home Fokus Soal Pemutaran Film G-30S/PKI, Di Saat Panglima TNI Mendukung, Wantimpres Malah Melarang

Soal Pemutaran Film G-30S/PKI, Di Saat Panglima TNI Mendukung, Wantimpres Malah Melarang

681
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id (Jakarta) – Pemutaran film “Penumpasan Pengkhianatan G-30S/PKI menimbulkan pro dan kontra. Setelah beredar instruksi TNI AD untuk mengajak warga nonton bareng (nobar) film tersebut, kali ini Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto malah menilai rencana pemutaran film G-30S PKI tak perlu dilakukan. Menurutnya pemutaran film G-30S PKI justru akan memicu keresahan sosial dan tak mendukung stabilitas politik Indonesia.

Baca juga: Ini Isi Surat Instruksi TNI AD untuk Ajak Warga Nonton Bareng Film G 30S PKI

“tolong pihal-pihak ini sementara ini sedikit mengendalikan. Tadi saya bilang untuk kita merebutkan kekuatan ekonomi dunia kelima perlu ada kestabilan politik. Kalau ada film, seminar begitu, ada satu kegaduhan di sana, di sini, itu hal yang tidak menungjang kondisi bangsa,” ujar Sidarto seperti dilansir republika, Senin (18/9/2017).

“Terus terang, jangan diadakan dulu lah. Ini yang saya bilang, untuk menuju kekuatan ekonomi the big four, perlu ada kestabilan politik. Perlu ada kesabaran konstitusional itu saja, ” lanjutnya.

Baca juga: Mendagri Tidak Larang Pemutaran Film G30S/PKI

Bukan hanya film G-30S PKI, seminar yang terkait dengan masalah pengungkapan sejarah tahun 1965-1966 juga dinilai tak perlu dilakukan. “Ada film ini, ada seminar itu. Saya pikir sementara ini disejukkan dulu. You tanya saya, itu pendapat saya. Ada film begitu, ada seminar begini, tolong dua-duanya distop dulu,” ujarnya.

Film yang berjudul “Penumpasan Pengkhianatan G-30S PKI” selalu ditayangkan pada tanggal 30 September di masa orde baru dan semenjak reformasi 1998 film ini tidak pernah diwajibkan lagi tayang di stasun televisi. (red)

Bagikan artikel ini :