Home Internasional Mesir, Palestina dan Yordania Serukan Perundingan Damai

Mesir, Palestina dan Yordania Serukan Perundingan Damai

600
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id (Kairo) – Menteri luar negeri Mesir, Yordania dan Palestina mengatakan perundingan perdamaian Israel-Palestina harus dimulai kembali, hal ini diserukan pada konferensi pers di Kairo, seperti dilansir Al-Jazeera, Minggu (20/08/2017).

Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safari, Sameh Shukri dari Mesir dan Riyad Al Maliki dari Palestina sepakat bahwa penyebab utama ketidakstabilan di kawasan tersebut adalah krisis Palestina yang belum terselesaikan dan kegagalan untuk mematuhi hak-hak yang sah dari rakyat Palestina.

Sameh Shukri juga mengatakan bahwa para menteri tersebut membahas sebuah solusi untuk pembentukan sebuah negara Palestina dengan ibu kota Yerusalem Timur.

“Unit permukiman Israel akan menghancurkan usaha untuk menyelesaikan proses perdamaian berdasarkan solusi dua negara”, ujar Riyad Al Maliki

Maliki juga menekankan bahwa mereka siap untuk melawan setiap pelanggaran terhadap Masjid Al-Aqsa.

Sebuah pernyataan tertulis dikeluarkan setelah pertemuan para menteri luar negeri, dengan mengatakan bahwa semua praktik sepihak untuk mengubah identitas Arab, Islam dan Kristen Yerusalem Timur harus diakhiri dan bahwa Israel harus menghormati status historis dan legal Masjid Al-Aqsa.

Pernyataan tersebut memuji peran A.S. dalam penyelesaian perdamaian, menambahkan keinginan para menteri untuk A.S. untuk meningkatkan upayanya dalam membantu mencapai perdamaian di kedua belah pihak. (Red)

Sumber: Al Jazeera

Bagikan artikel ini :