Home Nasional Ratusan Calon Jamaah Haji Palestina Berangkat Lewat Perbatasan Rafah

Ratusan Calon Jamaah Haji Palestina Berangkat Lewat Perbatasan Rafah

411
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Gaza ) – Pemerintah Mesir membuka pintu perbatasan Rafah pada Senin (14/8/2017) untuk memungkinkan calon jamaah haji asal Gaza menuju Tanah Suci. Perlintasan dibuka selama empat hari untuk calon jamaah haji menuju bandara internasional Kairo guna melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi.

Tahun ini, jumlah warga Gaza yang berhaji sebanyak 2508 orang. Jumlah itu selain 500 orang warga lainnya yang mendapat undangan khusus dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz. Mereka adalah keluarga korban agresi Israel.

Seperti yang dijadwalkan, sebanyak 800 calon jamaah haji Gaza akan melintasi perbatasan Rafah di hari pertama. Pihak Palestina dan Mesir telah mengoordinasikan hal itu sebelumnya.

Koordinasi itu dilakukan antara Departemen Wakaf Palestina dan pihak berwenang Mesir. Seluruh visa haji dikeluarkan langsung oleh kantor Konsulat Saudi di Mesir. Ribuan calon jamaah haji ini akan diberangkatkan dalam waktu empat hari dimulai sejak Senin ini.

Perlintasan Rafah merupakan penghubung antara Jalur Gaza dan Mesir. Rezim Mesir menutup rapat perlintasan ini sejak 2013. Hanya beberapa kali perlintasan ini dibuka sejak saat itu untuk memasukkan bantuan kemanusiaan. ( Kiblat.net )

Bagikan artikel ini :