Home Gaya Hidup Hobi Minum Alkohol, Siap-siap Terkena Kanker Kulit

Hobi Minum Alkohol, Siap-siap Terkena Kanker Kulit

445
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Minum minuman beralkohol itu bukan keren. Secara kimiawi, gugus alkohol ( R-OH ) amat mudah melakukan ikatan dengan molekul air ( H-0H ) dan menyebabkan dehidrasi internal maupun eksternal. Terlebih tubuh manusia 2/3 nya adalah terdiri atas air. dan untuk menjaga kelembaban kulit, maka air dibawah kulit ( dalam intrasel ) akan berperan. Namun semua itu hanya akan sia-sia bila diberi asupan alkohol. jadi, bagi penggemar minuman beralkohol, sudah harus-siap untuk menerima resiko terkena kanker kulit non-melanoma. Ingat, ini baru resiko pada kulit, pada organ tubuh yang lain, resikonya adalah kolateral.

Dalam suatu penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology itu disebutkan, setiap konsumsi 10 gram alkohol per hari turut meningkatkan risiko pembentukan Basal Cell Carcinoma (BCC) sebanyak 7 persen dan Cutaneous Squamous Cell Carcinoma (CSCC) sebanyak 11 persen. Kedua sel kanker itu adalah tipe kanker kulit non-melanoma yang paling umum.

Meskipun tidak serta merta, namun terpaparnya kulit dengan radiasi ultraviolet akan menambah resiko bagi penggemar minuman beralkohol.

Penelitian tersebut kemudian melakukan meta analisis dan mengkaji penemuan dari 13 kajian yang meliputi 91 ribu kasus BCC dan tiga ribu kasus CSCC. Hal itu guna menemukan hubungan antara konsumsi alkohol dengan kasus kanker kulit non melanoma.

“Dari analisis ini ditemukan bukti konsumsi alkohol secara positif berkaitan baik dengan risiko BCC dan CSCC,” ujar peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health Ha Yen seperti dikutip dari Indian Express.

Peneliti pun menganjurkan masyarakat untuk mengubah perilaku dan berhenti mengkonsumsi alkohol. Hal ini guna mencegah terjadinya kanker kulit non melanoma dan memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat. ( ROL )

* carcinoma – sel kanker
* R-OH : alkil-hidroksi ( gugus alkohol )
* dehidrasi internal : kekurangan air dalam tubuh ( dalam kasus ikatan dengan gugus alkohol dan organ tubuh, terjadi kehilangan kadar air secara signifikan ).

editor : Ibrahim

Bagikan artikel ini :