Home Bisnis Sandiaga Uno Optimis OK OCE Mart Bisa Gantikan Sevel di Jakarta

Sandiaga Uno Optimis OK OCE Mart Bisa Gantikan Sevel di Jakarta

716
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Runtuhnya jaringan bisnis ritel Seven Eleven (Sevel) pada 30 Juni 2017 lalu, tidak hanya membawa ruang keprihatinan tersendiri, namun juga harus dapat diambil pembelajaran. Hal itu dikemukakan Wakil Gubernur Jakarta terpilih, Sandiaga Uno. Bagi Sandi, Sevel sudah sukses menyerap lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi Indonesia.

Belajar dari kondisi tersebut, harus ada upaya pemulihan sektor ritel ini, dan diharapkan bisa menaikkan kembali kondisi ekonomi yang terpuruk dari sektor tersebut. Salah satunya melalui munculnya ritel-ritel lain, khususnya yang berasal dari dalam negeri.

Dia menambahkan, tutupnya gerai yang dikelola PT Modern Sevel Indonesia dikarenakan adanya tumpang tindih antara regulasi di pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Karenanya pemerintah harus segera duduk bersama dengan pelaku usaha dalam membuat regulasi yang tepat untuk usaha ritel.

“Saya rasa kita harus introspeksi dari segi regulasinya. Yang mungkin ada tumpang tindihnya antara Pempus dan Perda. Dan juga mungkin bisa dari bisnis modelnya sendiri juga dari sevel yang selama ini menarik untuk kunjungan tetapi dari segi peningkatan pendapatan belum bisa diterapkan di pasar Jakarta,” ujar pria yang akrab disapa Sandi, saat acara Open House Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani, Jakarta, Senin (26/6/2017).

Untuk itulah Sandi mengemukakan konsep yang disebut OK OCE ( One Kecamatan One Center for Enterpreneurship ) Mart.

Sandi mengaku telah merumuskan konsep OK OCE Mart agar tidak gulung tikar seperti yang terjadi pada gerai Seven Eleven (Sevel). Menurutnya, OK OCE Mart nantinya berbasis pada komunitas, bukan tempat nongkrong dan mini market seperti halnya Sevel.

“Saya yakin karena kelas menengah kita tumbuh dan berkembang pada suatu saat ada konsep seperti 7-Eleven, mungkin Ok Oce Mart ini bisa jadi pengganti dan membuka peluang. Jadi di setiap ada dislokasi dari peluang usaha akan timbul enterpreneur baru,” kata Sandi di Jakarta, Senin (26/6/2017).

“OK OCE Mart nanti akan berbasis lebih ke komunitas Jadi kalau Sevel tuh kan nongkrong dan minimarket disatuin. Kalau oke oce mart itu murni untuk membantu komunitas dan berbasis harga harga yang bersaing,” kata Sandi beberapa waktu lalu.

Sandi mengatakan, saham OK OCE Mart nantinya juga dimiliki bersama. Tak hanya itu, OK OCE Mart juga dirancang dengan nilai investasi yang rendah.

“Rata-rata pemegang saham itu bisa 20 (persen) sampai 30an setiap oke-oce mart, jadi dimiliki bersama‎,” katanya.

Dengan konsep tersebut, pengusaha muda yang juga politikus Partai Gerindra itu berharap OK OCE Mart dapat bertahan dan berkembang seperti gerai lainnya.

OK OCE Mart sendiri merupakan gerai tempat peserta pelatihan kewirausahaan OK OCE yang digagas Sandi untuk menjajakan barang dagangannya.

OK OCE Mart dibangun dengan menyederhanakan rantai distribusi serta kepastian pasokan. Sehingga, nantinya barang yang dijual menguntungkan para pelaku usaha, namun harga tetap murah bagi pembeli. ( ibr | Globalnews.co.id )

Bagikan artikel ini :