Home Eropa & Amerika Dokumen A.S : Inggris Meminta Amerika Serikat Kudeta Perdana Menteri Iran, Mossadeq

Dokumen A.S : Inggris Meminta Amerika Serikat Kudeta Perdana Menteri Iran, Mossadeq

760
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Washington ) — Dokumen Departmen Luar Negeri Amerika Serikat menunjukkan bahwa London ( Inggris ) telah melakukan permintaan berulang untuk menjatuhkan pemimpin Iran, Mossadeq melalui sebuah kudeta.

Pemerintah Inggris berulang kali meminta partisipasi Washington dalam upayanya untuk mengusir seorang mantan pemimpin Iran dari kekuasaan, menurut dokumen ( yang baru-baru ini sudah habis batas kerahasiaannya ) yang diterbitkan pada hari Selasa (8/8/2017) seperti dilansir Anadolu.

Memo Departemen Luar Negeri yang diterbitkan oleh Arsip Keamanan Nasional Universitas George Washington mengkonfirmasi spekulasi lama bahwa London, bukan Washington, adalah penghasut utama dalam rencana untuk menggulingkan Perdana Menteri Iran Mohammad Mossadeq dari kekuasaan hampir 65 tahun yang lalu.

Plot, yang biasa disebut oleh kode rahasia CIA sebagai Project Ajax – telah mendorong kecurigaan Iran terhadap kegiatan A.S. dan Barat di Timur Tengah.

baca : Abaikan Sanksi AS, Program Rudal Iran Dilanjutkan dengan Kekuatan Penuh

Dokumen itu juga menunjukkan bahwa London membuat permintaan berulang untuk menjatuhkan Mossadeq melalui sebuah kudeta. Menanggapi permintaan London, Washington pada awalnya menolak untuk berpartisipasi, sebagian, karena berharap dapat melakukan kesepakatan minyak dengan pemimpin Iran tersebut setelah dia menasionalisasi industri perminyakan di negara tersebut.

Inggris pertama kali mengusulkan untuk memindahkan Mossadeq dalam bentuk tertulis pada 8 Oktober 1952, menurut sebuah memo yang dikeluarkan dua bulan kemudian. Secara tidak resmi, Inggris mengadakan tiga pertemuan dengan rekan-rekan Amerika mereka tentang masalah ( rencana kudeta ) yang tampaknya tidak mempengaruhi pejabat Amerika.

“Meskipun kami tidak sepenuhnya tidak mengikutinya, kami lebih memilih untuk tidak memasuki rencana gabungan dalam tindakan ini pada saat ini,” Henry Byroade, asisten sekretaris negara AS untuk Timur Dekat menulis kepada atasannya, menegaskan penekanan Washington pada kesepakatan dengan Mossadeq.

Baca : Luncurkan Roket Ruang Angkasa, Iran Dikasih Sanksi Baru dari AS

Dalam dokumen kedua tertanggal 3 Desember 1952, diceritakan pertemuan antara bos Byroade, Wakil Sekretaris Negara H. Freeman Matthews, dan Menteri Inggris Sir Christopher Steel yang diminta oleh Steel. Matthews memimpin tiga pejabat Amerika yang menyuarakan skeptisisme dengan suara bulat mengenai rencana Inggris tersebut, mengatakan kepada Steel, A.S. “sedang mengerjakan sebuah garis pendekatan baru” dengan Mossadeq.

“Saya mengatakan bahwa kami tidak ingin mengabaikan gagasan kudeta, namun kami merasa bahwa setidaknya ada satu upaya lagi yang harus dilakukan untuk mencapai permukiman minyak dengan Mossadeq,” demikian tutur Matthews dalam dokumen tersebut.

Baca : Kembali Dilantik, Presiden Iran Bersumpah Akhiri Sanksi Baru dari Amerika

CIA akhirnya akan berpartisipasi dalam upaya untuk menjatuhkan Mossadeq, yang mengakibatkan penggulingan Agustus 1953 untuk mendukung Shah Mohammad Reza Pahlevi dari Iran. Intervensi Barat merupakan titik temu demonstrasi anti-Pahlevi yang menyebabkan penggulingannya selama Revolusi Islam 1979 di Iran.

sumber : Anadolu
editor : Ibrahim

Bagikan artikel ini :