Home Hukum & Kriminal MUI Himbau Kasus Pidato Victor Laiskodat Diselesaikan Kekeluargaan

MUI Himbau Kasus Pidato Victor Laiskodat Diselesaikan Kekeluargaan

663
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Majelis Ulama Indonesia ( MUI) mengimbau kepada semua pihak untuk dapat menahan diri dan tidak terpancing untuk memberikan pernyataan yang dapat memanaskan situasi. Mengadu domba antargolongan dan kelompok masyarakat, khususnya antarumat beragama di Indonesia karena dikhawatirkan dapat mengganggu harmoni kehidupan antarumat beragama yang sudah terbangun dengan baik, rukun, aman dan damai.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa’adi, sehubungan dengan adanya pidato dari salah seorang politisi Partai Nasdem Saudara Victor Laiskodat yang dinilai menimbulkan polemik dan berpotensi menimbulkan kegaduhan.

Karenanya, semua pihak diimbau untuk dapat menahan diri dan tidak terpancing memberikan pernyataan yang dapat memanaskan situasi.

“MUI mengimbau kepada semua pihak khususnya paraelit politik hendaknya masalah tersebut segera diselesaikan dengan pendekatan musyawarah dengan mengedepankan semangat kenegarawanan, kekeluargaan dan persaudaraan kebangsaan. Sehingga persoalannya tidak semakin meluas dan melebar,” kata Zainut, seperti dalam laporan tertulis yang redaksi terima, Senin (7/8/2017).

Kata Zainut, jika dalam musyawarah antar elit politik tidak dapat dicapai kata sepakat, maka MUI menganjurkan agar penyelesaian ditempuh melalui jalur hukum, karena jalur hukum adalah pilihan yang terhormat dan beradab.

sebelumnya : Wapres Jusuf Kalla Dukung Victor Laiskodat Dilaporkan ke Polisi

“MUI mengimbau kepada semua umat beragama, khususnya umat Islam untuk tidak terpengaruh dan terprovokasi dengan hal tersebut. Seluruh masyarakat Indonesia agar tetap tenang, mejaga kerukunan hidup bersama, saling mengasihi dan bekerjasama dalam merawat dan menjaga NKRI dan persatuan bangsa,” pesan Zainut.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis yang mengatakan, pidato Ketua Fraksi Partai Nasdem Viktor Laiskodat yang viral di media sosial merupakan kesalahpamahan terhadap konsep Islam.

Baca : Pidato Provokatif dan Kebencian ala Victor Laiskodat, Gambaran Kualitas Ketua Fraksi Nasdem

“Oleh karena ini mungkin menjadi pembelajaran bagi kita. Ya kalau sudah ada yang melaporkan ya ditindak secara hukum sehingga menjadi pembelajaran bagi kita semua,” ucapnya.

Baca juga : Lempar Provokasi Sembunyikan Victor, Nasdem Bilang Pidato itu Cuma Becanda

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat kurang kontrol dalam bicara dan ketidaktahuan akan Islam, akibat pidato provokatif anarkisnya, Victor dilaporkan oleh Gerindra, PKS dan PAN.

Bagikan artikel ini :