Home Nasional Kapal Selam Baru TNI Angkatan Laut, KRI Nagapasa 403, Sang Penjaga Laut

Kapal Selam Baru TNI Angkatan Laut, KRI Nagapasa 403, Sang Penjaga Laut

318
0
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meresmikan kapal selam KRI Nagapasa-403 di Korea Selatan. (Foto/Dok/Kementerian Pertahanan)
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( ) — TNI Angkatan Laut akan diperkuat armadanya dengan sejumlah kehadiran kapal selam baru class 403. Kapal selam yang diberi kode KRI Nagapasa-403 ini merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dibangun di galangan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co.,Ltd (DSME), Okpo, Korsel.

Dalam kerja sama ini, dua kapal diselesaikan di DSME dan satu kapal lainnya dibangun PT PAL, Indonesia.

Kapal selam baru yang diberi nama NAGAPASA diambil dari anak panah Indrajit yang dahsyat, “Wimanasara Raksaka Arnawa” berarti : Sacred Arrows, Guardian of the Sea, Penjaga Laut ini terus melakukan ujicoba laut sebelum diserahkan kepada TNI AL.

 

Gambar di atas adalah, kapal selam KRI 403, saat bersandar di DSME Korsel, beberapa saat sebelum meluncur ke laut untuk sea trial. Dua kapal selam tipe 209/1400 buatan DSME Korea Selatan akan diserahkan kepada Indonesia tahun 2017.

Kapal selam ini sangat cocok dengan perairan Indonesia yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dangkal. Selain itu awak Hiu Kencana sudah familiar dengan sistem Cakra Class yang memiliki banyak kemiripan dengan sistem pada Changbogo Class.

Indonesia memesan tiga kapal selam tipe 209/1400 dari galangan kapal selam Korea Selatan yang satu unit akan dirakit di PT PAL, Surabaya, Indonesia. Kapal selam ini akan dilengkapi dengan rudal UGM-84 Harpoon Integration, 8 × 21 in (530 mm) torpedo tubes dan 14 SUT torpedoes.

Foto : Instagram Satselhiukencana

Kehadiran Changbogo Class diharapkan akan mampu memperkuat TNI AL dalam mengemban tugas untuk mengamankan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas. Dalam MEF yang dicanangkan pemerintah Indonesia, TNI AL membutuhkan sedikitnya 12 unit kapal selam. ( ibr )

Bagikan artikel ini :