Home Haji dan Umrah Kemenag Optimis Visa Jemaah Haji 2017 Aman

Kemenag Optimis Visa Jemaah Haji 2017 Aman

644
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Kementerian Agama (Kemenag) optimis visa jemaah ibadah haji 2017 aman. Hal ini disampaikan Sekjen Kemenag sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nur Syam usai melepas 299 petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (25/7/2017).

Nur Syam mengatakan, hingga hari ini visa yang sudah selesai diurus mencapai sekitar 117.048. “Alhamdulillah visa sudah 117.048 per hari ini. Kita kemarin sore menerima informasi dari pak Direktur Pelayananan Haji dalam Negeri bahwa visa yang sudah diselesaikan itu 117 ribu lebih,” ujarnya.

Dia juga yakin masalah keterlambatan visa yang terjadi dalam dua tahun lalu tidak akan terulang lagi. Walaupun, saat ini masih ada visa yang belum selesai diproses. “Sekarang kan sudah 117.048 per hari ini. Nanti masih ada. Insya Allah tidak akan terganggu,” kata Nur Syam.

Menurut dia, pihaknya sudah melalukan antisipasi agar penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tidak terkendala masalah pemvisaan. “Jadi artinya kalau melihat posisi sekarang, mengenai visa ini insya Allah kita aman, karena kita sudah benar-benar mengantisipasi jangan sampai kemudian terjadi masalah untuk urusan visa,” katanya.

baca: Jamaah Diminta Waspadai ‘Batuk Haji’

Sebelumnya dari informasi terbaru yang dia dapat, paspor yang masuk ke Drijen PHU mencapai 200.380 sehigga masih ada 11.020 paspor yang belum keluar. Dari paspor yang sudah masuk itu, yang sudah berhasil visanya sudah 117.048.

“Ini menggembirakan karena tambahan tiap hari sangat signifikan, alhamdulillah. Sehingga kami harap jamaah bisa berangkat tepat waktu dan tidak ada masalah,” kata Nur Syam disela rapat kerja Kemenag dengan Komisi VIII di Kompleks DPR RI, Senin (24/7/2017).

Dengan demikian, menurut dia, proses pemvisaan jamaah haji 2017 bisa dikatakan sudah aman.

Kemenag juga sudah meminta para kepala Kantor Wilayah Kemenag agar benar-benar mempersiapkan visa jamaah haji kloter satu hingga kloter lima di gelombang pertama keberangkatan. Sebab, ini akan berdampak pada kelancaran pemberangkatan jamaah selanjutnya.

“Insya Allah sudah disiapkan sehingga tidak ada kursi kosong atau jamaah haji di asrama haji tertunda berangkat kalau sudah disiapkan,” ujarnya.

Nur Syam menyatakan, maskapai pun sudah siap. Kloter satu pemberangkatan gelombang pertama yang berangkat pada 28 Juli 2017 pukul 8.15 WIB di Soekarno Hatta akan dilepas Menteri Agama dan pimpinan DPR.

sumber : Republika dan Ihram
editor : Ibrahim

Bagikan artikel ini :