Home Gaya Hidup Kriteria Sukses Sejati Menurut Al Quran

Kriteria Sukses Sejati Menurut Al Quran

725
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.oc.id ( Bogor ) – Siapa sih yang tidak mau sukses? Parameter sukses menurut dunia barat adalah seberapa besar dan banyak materi duniawi. Namun bagi seorang Muslim, bukan sukses biasa dalam arti hanya sukses secara materi. Sukses yang dikejar seorang Muslim adalah sukses sejati, yakni sukses dunia dan akhirat, yang bersandarkan pada Al Quran dan hadits. Lalu, seperti apakah kriteria sukses sejati menurut Al Quran itu?

“Paling tidak ada enam kriteria sukses sejati, sebagaimana ditegaskan oleh Allah SWT di dalam Alquran, Surat Al-Mu’minun (surat ke-23) ayat 1-11,” kata Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS saat mengisi pembukaan pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Bogor, Jumat (21/7/2017).

Kriteria tersebut, kata Kiai Didin, bersifat universal. Artinya, berlaku bagi siapa saja yang sungguh-sungguh menjalakannya.

1. Orang yang beriman.
“Iman adalah syarat pertama kata sukses sejati,” kata guru besar IPB Bogor itu.

2. Shalat yang khusyu

3. Etos kerja yang tinggi/produktif
Orang yang ingin sukses sejati meninggalkan pekerjaan yang tidak bermanfaat. Tidak bermalas-malasan. “Tidak melakukan hal-hal yang tidak baik dan sia-sia, termasuk di antaranya merokok,” kata Didin yang juga direktur Sekolah Pasca Sarjana UIKA Bogor.

4. Suka mengeluarkan sebagian hartanya untuk berzakat dan berinfak
Dalam pendidikan, anak atau siswa harus diajarkan atau dibiasakan berinfak. Kalau anak sudah dibiasakan sejak kecil berinfak, maka akan ringan berzakat dan bersedekah.

”Orang yang rajin berzakat dan berinfak, insya Allah akan meraih sukses sejati,” tutur mantan ketua Baznas itu.

Didin mencontohkan, seorang mualaf di Amerika Serikat yang mengeluarkan sedekah setara Rp 2 miliar per minggu. Ada yang bertanya kepadanya, apakah  dia tidak merasa  sayang, membagikan uang Rp 2 miliar setiap minggu. Dia menjawab, justru setelah mengeluarkan infak, semua proyek yang digarapnya  berjalan dengan lancar.

5. Menjaga pergaulan dengan beretika yang baik
Hal itu sangat penting, agar terhindar dari pergaulan yang tidak baik atau kemaksiatan sekecil apa pun.

6. Menyampaikan amanah kepada yang berhak

Demikian kriteria sukses sejati menurut Al Quran sebagaimana dijelaskan oleh Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS.

Sumber rujukan yang djadikan poin-poin diatas, sebagaimana dituturkan oleh Kiai Didin, seperti tampak pada Surat Al-Mu’minun ayat 1-11:
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (1)(yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya (2),  dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna (3), dan orang-orang yang menunaikan zakat (4), dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (5), kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa (6), Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas (7), dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya (8), dan orang-orang yang memelihara shalatnya (9), mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi (10), yang akan mewarisi surga  Firdaus. mereka kekal di dalamnya.” (QS l-Mu’minun: 1-11)

disunting dari Republika

editor : Ibrahim

Bagikan artikel ini :