Home Daerah Gubernur DIY, Sultan HB X Tidak Akan Larang Kegiatan HTI di Yogyakarta

Gubernur DIY, Sultan HB X Tidak Akan Larang Kegiatan HTI di Yogyakarta

1229
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Yogyakarta ) — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menegaskan akan menjalankan perintah sesuai dengan perintah pemerintah. Namun demikian lanjut Sri Sultan HB X, dia mengaku tidak akan melakukan pelarangan kegiatan ormas HTI.

Pada Kementerian Hukum dan HAM resmi mencabut izin ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan mencabut status badan hukumnya. Ini sebagai tindak lanjut keluarnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Pembubaran HTI inipun tanpa melalui proses pengadilan, sementara dari pihak HTI sendiri tengah mengajukan gugatan hukum ke Mahkamah Konstitusi.

baca : HTI Ajukan Uji Formil dan Materiil Perppu No. 2 Tahun 2017 ke Mahkamah Konstitusi

“Itu (pembubaran HTI) urusan pemerintah pusat. Kalau pusat melangkah ya kita laksanakan kewajiban sebagai pemerintah daerah,” kata Sultan di Bangsal Kepatihan, Kamis (20/7/2017).
“Ya enggak ada toh (pelarangan kegiatan). Hanya membubarkan organisasinya saja,” tambahnya.

Sultan meminta agar ormas berhati-hati dalam memilih ideologi organisasinya. Ideologi, kata Sultan, harus sesuai dengan aturan pemerintah.

“Harus hati-hati. Jangan sampai ideologinya bertentangan dengan Pancasila,” terang Sultan

Sebelumnya pada Rabu (19/7/2017), ustadz Felix Siauw mengisi pengajian diacara Tabligh Akbar yang diadakan Ma’hadz Al Qur’an Daarul Firdausm, di Masjid Al Firdaus Bantul, DIY dan acara berlangsung lancar dan disambut antusias oleh masyarakat Yogyakarta dengan pengawalan dari Kokam Pemuda Muhammadiyah.

Baca Juga : Takmir Masjid Al Falah Menyayangkan Sikap Laskar Santri Sukowati Tolak Kajian Felix Siauw Tanpa Tabayyun

Bagikan artikel ini :