Home Daerah Siswa SMAN 8 Pekanbaru Raih Emas Olimpiade Kimia

Siswa SMAN 8 Pekanbaru Raih Emas Olimpiade Kimia

1191
1
Siswa SMAN 8 Pekanbaru Raih Emas Olimpiade Kimia
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Pekanbaru ) — Dean Fanggohans, siswa SMAN 8 Kota Pekanbaru, berhasil meraih medali emas Olimpiade kimia tingkat dunia, “International Chemistry Olympiad” ke-49 di Thailand, 6-15 Juli 2017. Atas keberhasilannya itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memberikan hadiah berupa uang sebesar Rp7 juta dalam upacara di sekolah tersebut, Senin (17/7/2017) pagi.

Gubernur yang akrab disapa Andi Rachman itu mengaku terharu dengan prestasi yang ditoreh Dean dalam kancah internasional.

“Kemenangan ini sangat membanggakan karena saya dengar ini pertama kalinya kita dapat medali emas lagi sejak 2009,” ujar Arsyadjuliandi Rachman.

“Gunakan hadiahnya dengan sebaik-baiknya. Terima kasih kepada Dean karena mengharumkan nama Indonesia khususnya Riau,” imbuhnya.

Andi Rachman yang bertindak sebagai Pembina Upacara di sekolah itu berpesan agar seluruh siswa mencontoh keberhasilan Dean Fanggohans. Pemprov Riau, katanya, akan terus mendukung kemajuan siswa berprestasi.

Dean Fanggohans sendiri menyebutkan keberhasilannya itu berkat semangat pantang menyerah.

“Saya pernah gagal tahun 2013 tidak lolos seleksi untuk olimpiade internasional di India. Tapi kalau saya menyerah saat itu, saya tidak akan juara sekarang,” katanya.

Untuk itu, setelah tahu dia menjadi wakil Indonesia untuk Olimpiade Kimia 2017, dia langsung mempersiapkan diri.

“Persiapan dengan belajar sendiri dan belajar di kelas harus disiplin,” katanya seperti dikutip antaranews.

Dalam Olimpiade Kimia Tingkat Dunia atau International Chemistry Olimpiade (IChO) k e-49 itu Tim Indonesia meraih satu emas dan tiga perak.

Medali emas diraih Dean Fanggohans (SMAN 8 Pekanbaru), medali perak diraih Fahmi Naufal Rizki (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), M Ridho Setiyawan (SMAN 1 Tahunan, Jawa Tengah), dan Mario Lorenzo (SMAK BPK Penabur Gading Serpong).

Kompetisi Olimpiade Kimia Tingkat Dunia Tahun 2017 itu diikuti oleh 80 negara dari seluruh dunia. Dalam kompetisi itu, setiap siswa diuji kemampuan dalam bidang teori dan keterampilan dalam dalam melakukan percobaan (praktik) di laboratorium.[swamedium]

Bagikan artikel ini :

1 COMMENT

Comments are closed.