Home Gaya Hidup Hal-hal Penting Sebelum Menyewa Rumah / Apartemen

Hal-hal Penting Sebelum Menyewa Rumah / Apartemen

407
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Iklan di media-media mengenai bagusnya sebuah properti belum bisa dipercaya jika Anda tidak membuktikannya secara langsung. Viewing rumah merupakan langkah tepat untuk melihat sesuai atau tidaknya properti yang Anda hendak sewa dengan kriteria tempat tinggal idaman Anda. Berikut hal-hal penting sebelum menyewa rumah / apartemen.

Viewing unit juga sangat penting guna melihat kondisi unit yang akan Anda sewa. Anda harus mengecek ada atau tidaknya kerusakan dalam properti tersebut. Jangan sampai Anda tidak menyadarinya sehingga membuat tidak nyaman tinggal di unit sewaan. Jangan pula Anda pada akhirnya harus menanggung kerusakan yang sudah ada sebelum unit sewaan itu Anda tempati.

Baca : Suhu Politik Naik, Penjualan Sektor Properti Turun

Banyak hal yang harus Anda perhatikan saat viewing rumah yang hendak disewa. Berikut beberapa hal penting yang tidak boleh terlewat dan mesti Anda cek ketika melakukan viewing rumah.

Kusen Pintu dan Jendela

Hal pertama yang harus Anda lihat adalah kondisi setiap kusen yang ada di properti yang hendak disewa. Masalah sepele ini sering kali dilewatkan calon penyewa sehingga pada akhirnya mereka harus menghadapi risiko kusennya rusak atau termakan rayap, namun penyewa yang harus menggantinya.

Perhatikan tiap kusen dan beritahu pemilik rumah jika ada kondisi kusen yang mulai rusak. Mintalah pemilik memperbaikinya dan jangan mau menanggung biaya perbaikan jika pada akhir sewa kerusakan kusen semakin parah.

Atap

Anda harus memperhatikan ada atau tidak noda kuning di plafon atap properti yang hendak Anda sewa. Adanya noda kuning menunjukkan terdapat kebocoran genting dalam properti tersebut.

Tentunya Anda tidak ingin tinggal di rumah yang bocor kan? Segera sampaikan keluhan Anda begitu melihat noda kuning pada plafon yang berasal dari rembesan air. Mintalah pemilik rumah memperbaikinya sebelum Anda mulai menempati properti tersebut.

Air

Banyak masalah soal air yang membuat penghuni rumah tidak betah. Keran yang bocor menjadi masalah. Air yang keruh pun kerap menjadi persoalan. Ketika viewing rumah, Anda harus memperhatikan kondisi keran dan air secara saksama.

Anda dapat meminta pemilik rumah memperbaiki keran air yang bocor atau jet pump yang tidak lancar. Namun apabila mendapati air keruh, sebaiknya Anda mencari unit sewaan yang baru. Kebersihan air sangat penting dalam hidup. Mengonsumsi dan memakai air yang tidak baik akan membuat kualitas hidup Anda menurun.

Furnitur

Ada beberapa unit sewaan yang sudah menyediakan furnitur bagi penyewanya. Ini membuat penyewa tidak perlu lagi menyiapkan barang-barang selama tinggal di rumah atau apartemen tersebut. Mulai dari kasur, kursi, hingga peralatan dapur biasanya disediakan pemilik untuk memanjakan para penyewa.

Kalau mendapati rumah atau properti yang demikian, Anda harus memperhatikan dengan jelas kondisi furnitur saat melakukan viewing rumah. Beri tahu pemilik rumah jika mendapati kerusakan di furnitur-furnitur yang ada dalam properti. Anda harus menekankan bahwa kerusakan furnitur yang ada sebelum Anda menempati unit sewaan bukanlah tanggung jawab Anda.

Sikap Pemilik

Anda jangan hanya terpaku pada kondisi properti saat viewing rumah properti sewaan. Sikap pemilik rumah juga perlu Anda perhatikan. Ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui menyebalkan atau tidaknya pemilik properti tersebut.

Kadang dijumpai pemilik properti yang berlaku seperti bos kepada calon penyewa unitnya. Anda lebih baik tidak berurusan dengan pemilik properti yang seperti ini dan mencari unit sewaan baru. Pemilik rumah yang arogan akan membuat Anda tidak nyaman menempati propertinya selama masa sewa sebab ia sering menganggu dan mudah bertindak semena-mena kepada Anda. Carilah pemilik rumah yang bersikap ramah dan menyenangkan.

Keamanan

Tentunya Anda akan merasa lebih nyaman tinggal di lingkungan yang keamanannya terjaga. Tinggal di lingkungan yang aman membuat Anda tidak waswas meninggalkan unit sewaan ketika sedang bepergian agak lama.

Itulah yang membuat Anda harus memperhatikan kondisi keamanan sekitar properti sewaan saat sedang viewing unit. Pastikan tersedia petugas keamanan atau security yang mumpuni di kawasan unit yang hendak Anda sewa. Berilah saran kepada pemilik agar lingkungan unitnya perlu memiliki petugas keamanan jika Anda tidak mendapati keamanan yang terjamin.

Tetangga

Sebagai makhluk sosial, Anda pasti tidak bisa berdiam diri terus di dalam rumah atau apartemen yang Anda sewa. Ada saatnya Anda memerlukan bantuan dari tetangga di sekitar rumah Anda. Memperhatikan keberadaan tetangga dan mencoba melihat sikap mereka menjadi pilihan yang bijak saat sedang melakukan viewing unit. Untuk melihat sikap tetangga, Anda bisa saja mencoba berjalan-jalan di daerah sekitar properti yang hendak Anda sewa untuk mengobrol bersama tetangga-tetangga yang rumahnya dekat dengan calon prioperti sewaan Anda. Dari kegiatan itu, setidaknya Anda bisa tahu sedikit mengenai sikap mereka.

Sebaiknya, Anda mencari tetangga yang ramah. Tetangga yang senang bergosip dan selalu ingin tahu masalah pribadi Anda lebih baik dihindari sebab akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi kurang nyaman. Anda sebaiknya mencari lokasi properti sewaan baru jika mendapati tetangga yang selalu ingin tahu masalah Anda saat sedang viewing rumah.

Keadaan rumah yang kondusif dan lingkungan yang aman akan membuat Anda betah tinggal di properti sewaan. Gunakan waktu viewing rumah dengan sebaiknya-baik dan perhatikan seluruh kondisi secara detail sebelum memutuskan akan menyewa properti itu atau tidak.

sumber : 99.co

Bagikan artikel ini :