Home Asia Pasifik Cina Bangun Pangkalan Militer Pertama di Djibouti, Afrika

Cina Bangun Pangkalan Militer Pertama di Djibouti, Afrika

820
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Beijing – Kantor berita resmi Cina Xinhua, Selasa (11/07/2017), melaporkan bahwa dua kapal pengangkut tentara bertolak dari Cina menuju Djibouti di Tanduk Afrika. Rombongan tentara itu akan membangun pangkalan militer pertama di luar negeri.

Dua kapal sarat tentara itu bertolak dari Changjiang di Cina selatan. Pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa misi mereka membangung basis dukungan di Djibouti.

Menurut Xinhua, pangkalan ini akan berperan memastikan kesuksesan misi Cina di luar negeri seperti misi pendampingan kapal, penjaga perdamaian dan bantuan kemanusiaan di Afrika dan Asia Barat.

Tak kalah penting, pangkalan ini akan menjadi basis utama untuk melaksanakan kerja sama militer, latihan bersama, mengevakuasi dan melindungi warga Cina yang tinggal di luar negeri saat situasi darurat.

Sementara itu belum diketahui kapan pangkalan ini akan beroperasi.

Di sisi lain, harian Cina lainnya menekankan bahwa pangkalan ini adalah pangkalan militer. Misi utama melindungi warga Cina dan menjadi cermin negara tersebut ingin menguasai dunia.

Tahun lalu, Cina mendirikan pangkalan logistik di Djibouti yang menempati posisi strategis. Pangkalan itu bisa menjadi tempat bersandar dan mengisi bahan bakar kapal-kapal yang menjalankan misi jarak jauh.

Pangkalan ini merupakan basis militer pertama Cina di luar negeri meskipun Cina mengaku ini hanya pangkalan untuk fasilitas logistik.

Di Djibouti sendiri terdapat banyak pangkalan asing. Pemerintah setempat sengaja mengizinkan negara-negara asing mendirikan pangkalan demi mendapat pemasukan pajak.

Sumber: alhurra.com

Bagikan artikel ini :