Home Hukum & Kriminal Tanggapan Polri Soal Kasus Penusukan Hermansyah : Kebetulan atau Terencana ?

Tanggapan Polri Soal Kasus Penusukan Hermansyah : Kebetulan atau Terencana ?

603
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Penganiayaan sadis berupa pengeroyokan dan pembacokan yang dialami pakar teknologi informasi Hermansyah yang pernah menyebut chat Habib Rizieq Syihab dan Firza Husein palsu dan hasil rekayasa, untuk saat ini belum bisa hanya disimpulkan hanya kasus kriminal biasa karena pelaku hingga saat ini belum tertangkap. Untuk itu, kepolisian diminta secepatnya mengungkap motif kasus ini, baru kemudian mengeluarkan pernyataan. Berikut tanggapan Polri soal kasus penusukan Hermansyah : Kebetulan atau Terencana ?

Kapolda Metro Jaya

“Ya biasalah ya, ada yang bilang ‘ada kaitannya dengan saksi ahli’. Memang saksi ahli dalam Indonesia Lawyer’s Club (ILC) ya, tapi jangan dikaitkan dengan itu,” kata Iriawan di Monumen Nasional Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Iriawan pun menyampaikan jika Hermansyah bukanlah saksi ahli yang diperiksa dalam kasus Rizieq Shihab. “Dia kan pas ILC sebagai ahli pembicara yang menyampaikan bahwa itu chat palsu. Itu pekerjaan (ahli IT)‎ jangan disamakan dengan permasalahan (penusukan). Ya berbeda. Jangan menjustifikasi,” kata Iriawan.

Meski demikian, Iriawan mengungkapkan jika polisi akan melakukan pengungkapan peristiwa itu. “Kami akan interogasi yang bersangkutan dan menanyakan soal peristiwa, mulai darimana yang bersangkutan, malam itu kemana dengan siapa. Akan kami dalami,” kata Iriawan.

Saksi-saksi lain di TKP maupun tidak, lanjut Iriawan tenru akan ditanyai. Pertanyaan itu seputar arah darimana berangkat dan tujuan. “CCTV dan lainnya akan kami periksa. Saksi-saksi di toll akan kami dalami,. Jadi mohon sabar,” ujar Iriawan.

Kapolres Metro Jakarta Timur

Kombes Pol Andry Wibowo menyebutkan, kejadian penusukan yang menimpa pakar teknologi informasi Hermansyah merupakan sebuah insiden di lapangan.

Sejauh ini, menurut Andry, kejadian penusukan itu bukan seperti kejadian yang direncanakan. Andry pun menilai jika korban bukan seperti orang yang ditarget. “Sementara waktu ini insiden di lapangan,” kata Andry saat dihubungi, Senin (10/7/2017).

Mengenai modus lainnya seperti perampokan, menurut Andry juga belum ditemukan indikasinya. Pasalnya, tidak ada barang yang dirampas oleh pelaku.

Andry pun mengungkapkan, jumlah pelaku masih belum pasti. Namun, dia memprediksi beberapa kemungkinan yang terjadi sehingga memengaruhi pelaku untuk melakukan pembacokan.

“Yang jelas itu kan di jalan tol insiden, mungkin pelaku ini kemungkinan besar terpengaruh alkohol menurut saya ya. karena ceritanya zig zag gak karuan sehingga menyenggol mobil korban,” kata Andry.

Saat ini, lanjut Andry, polisi masih bekerja merangkai semua alur peristiwa itu sampai terjadi kejadian itu. Polisi pun memeriksa bukti-bukti seperti CCTV. Namun, polisi mesih perlu menghimpun keterangan lebih lanjut dari bukti dan saksi.

“Ya TKP sudah, tapi kan di TKP ini belum bisa secara tajam mengidentifikasi kendaraan makanya kita rahasiakan dulu,” kata dia.

Daripada kita menduga-duga, apakah penusukan yang terjadi adalah sesuatu ‘kebetulan’ atau ‘terencana’, mari kita tunggu hasil penyelidikan Polisi, dan kita doakan semoga Pak Hermansyah lekas pulih dan bisa menceritakan kejadian yang menimpanya.

Bagikan artikel ini :