Home Hukum & Kriminal Komnas HAM Mendesak Polri Usut Hingga Tuntas Kasus Penusukan Hermansyah

Komnas HAM Mendesak Polri Usut Hingga Tuntas Kasus Penusukan Hermansyah

341
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id ( Jakarta ) — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengutuk aksi kekerasan yang menimpa diri pakar teknologi informatika dari ITB, Hermansyah. Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, menegaskan, peristiwa nahas tersebut kembali memperlihatkan kegagalan kehadiran negara dalam menunaikan kewajiban berdasarkan konstitusi, khususnya menjamin rasa aman warga.

“Ini menjadi ujian yang kesekian kalinya buat negara, khususnya kepolisian negara. Komnas HAM mendesak polri untuk menyelesaikan kasus ini sampai tuntas, aktor intelektual, motif dan pelakunya. Hal ini harus dibawa ke ruang terang atau publik, jangan lagi dibiarkan di ruang gelap,” kata Maneger Nasution dalam pernyataan tertulisnya, Senin (10/7/2017).

“Komnas HAM turut mengawasi penusukan ahli teknologi informasi (IT) yang berpendapat percakapan melalui WhatsApp antara Habib Rizieq dan Firza Husein hasil rekayasa itu, seperti harapan publik khususnya IA ITB,” ujarnya.

Seperti diketahui, Hermansyah pernah memberikan kesaksian mengenai kasus dugaan chat pornografi antara Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein. Dalam sebuah kesempatan di acara televisi, Hermansyah sempat pula menegaskan pandangannya, bahwa percakapan via WhatsApp antara kedua orang tersebut merupakan hasil rekayasa.

Hal serupa telah disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia.

Baca : MUI : Mengutuk Keras Dan Minta Polisi Tangkap Para Pelaku Penikaman Ahli IT Hermansyah

Maneger mengatakan, aksi barbar ini tak bisa dibiarkan oleh negara, karena kalau tidak dituntaskan dengan cepat serta di gelar diruang terang, akan menjadi bentuk teror baru bagi masa depan demokrasi Indonesia.

Menurut Maneger, publik menanti-nanti langkah tegas dan cepat Kepolisian RI dalam menyelesaikan kasus kekerasan atas Hermansyah. Pihaknya juga mendesak Polri agar meningkatkan koordinasi sehingga jangan sampai ada pernyataan oknum-oknum aparat yang mendahului proses penyelidikan.

Baca Juga : Tanggapan Polri Soal Kasus Penusukan Hermansyah : Kebetulan atau Terencana ?

“Tidak ada pilihan lain, Kepolisian Negara untuk mengusut kasus ini secara profesional dan transparan serta segera membawa aktor intelektual, motif dan pelakunya ke ruang terang proses hukum,”

Bagikan artikel ini :