Home Nasional Pemindahan Ibukota Negara Pakai Dana Swasta?

Pemindahan Ibukota Negara Pakai Dana Swasta?

400
0
Wacana pemindahan ibukota negara
Wacana pemindahan ibukota negara
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id (Jakarta) — Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional terus mengkaji rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke tempat lain.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pihaknya akan mendorong keterlibatan swasta dalam rencana pemindahan ibu kota, khususnya dari sisi pendanaan.

“Untuk pendanaan, kita akan dorong model PPP (public private partnership). Jadi, partisipasi swasta kita libatkan,” kata Bambang di kantornya, Menteng, Jakarta (Senin, 3/7).

Dia menjelaskan, tahun ini Bappenas akan menyelesaikan kajian pemindahan ibu kota negara. Diharapkan, dalam dua tahun ke depan, sudah mulai ada kegiatan terkait pemindahan pusat administrasi.

Bambang belum menyebut secara rinci di mana lokasi tujuan pemindahan ibu kota, meski dipastikan ke luar Jawa. Mengingat ketersediaan lahan yang lebih memadai.

“Yang pasti di luar Pulau Jawa, kemungkinan besar di Pulau Kalimantan. Tapi spesifiknya di mana, itu yang akan difinalkan,” tegasnya. [GR / emc]

Foto : Internet

Bagikan artikel ini :