Home Internasional Rusia: Ada Indikasi Kuat Al Baghdadi Terbunuh dalam Serangan Udara

Rusia: Ada Indikasi Kuat Al Baghdadi Terbunuh dalam Serangan Udara

668
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id (Jakarta) – Ada indikasi kuat bahwa pemimpin kelompok Islamic State (IS) Abu Bakr al-Baghdadi telah terbunuh oleh serangan udara Angkatan Udara Rusia di Suriah pada akhir Mei, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada hari Kamis (22/6/2017).

“Sangat mungkin bahwa pemimpin IS [Abu Bakr] al-Baghdadi terbunuh dalam serangan udara Angkatan Udara Rusia pada sebuah pos komando militan di pinggiran selatan kota Raqqa pada akhir Mei,” Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Oleg Syromolotov kepada Sputnik News, mengutip data Kementerian Pertahanan Rusia, lansir Al Arabiya dan Jurnalislam.com.

Kematian Baghdadi sekarang diverifikasi melalui “berbagai saluran,” kata Syromolotov.

Namun, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa dia tidak dapat memberikan bukti kuat bahwa Baghdadi telah terbunuh.

Menteri Pertahanan Rusia mengatakan pada 16 Juni bahwa pemimpin IS mungkin telah terbunuh dalam sebuah pertemuan dewan militer IS oleh serangan udara Rusia pada 28 Mei di selatan benteng kelompok militan tersebut di Raqqa, Suriah.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan pada hari Kamis bahwa “pembebasan” kota Mosul dari IS akan diumumkan dalam beberapa hari ini.

“Hanya beberapa hari lagi dan kami akan mengumumkan pembebasan total Mosul,” kata Abadi kepada wartawan di Baghdad, menurut al-Sumaria. (GUN)

Foto: Internet

Bagikan artikel ini :