Home Edukasi 10 Kemenangan Bagi Orang Bertaqwa

10 Kemenangan Bagi Orang Bertaqwa

1355
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id (Bogor) – Tausiyah Penghujung Ramadhan dengan tema “10 Kemenangan bagi orang bertakwa” disampaikan oleh Ustad Sambo di Mesjid Darul Khosyi’in Pesantren Hilal Bogor, Selasa (20/6/2017).
Perintah puasa ramadhan  didasarkan pada firman Allah di dalam surah Al-Baqarah ayat 183.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS. Al-Baqarah : 183)

Tausiyah Penghujung Ramadhan 1438H, yang disampaikan Ustadz Sambo, hari ini Selasa (20/6)/2017) usai Shalat Shubuh, mengupas seputar apa, siapa dan bagaimana menjadi orang bertaqwa.

Disebutkan Ustadz Sambo, setidaknya ada 10  kemenangan yang pasti bisa didapatkan setiap orang yang bertakwa, yaitu :

1. Hidup bahagia (QS. 10:62-64).

2. Hidup sukses & beruntung (QS.3:200).

3. Hidup penuh Kemudahan-kemudahan, setiap masalah ada jalan keluar, rezeki mudah, urusan-urusan diberikan kemudahan (QS.65:2-4).

4. Hidup penuh Keberkahan (QS.7:96)

5. Hidupnya selama dan selalu dapat bimbingan Allah (QS. 57:28).

6. Hidup mulya (QS.49:13).

Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (Qs. 49:13)

7. Dilindungi dan dijaga oleh Allah, sehingga terjaga dari musibah-musibah yang tidak seharusnya.   
“Dan kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka adalah orang-orang yang bertakwa. (Qs. 41:18)
8. Akhir Hidup Khusnul Khotimah (QS.3:102).
9. Hisabnya mudah danmelewati jembatan shirat denganselamat danmasuk surga langsung tanpa masuk ke dalam neraka terlebih dahulu (QS.19:71-72).

Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut. (Qs. 19:71-72)
10. Mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit danbumi (QS.3:133)
“Kalau kita sudah bertakwa, maka iman kita tidak lagi turun-turun, berbeda dengan orang yang beriman, imannya bisa naik turun tergantung dari situasi dan kondisi,” tegas Ustadz Sambo.

Ciri-ciri orang bertaqwa menurut Ustadz Sambo, dapat dilihat dari (1) ciri amal lahiriah, (2) cara biaranya, (3y ciri amal bathiniah, (4) ciri kualitas hidupnya, (5) memiliki sifat yang baik (sabar, adil, tawakal dan sifat terbaik lainnya).

1. Ciri amal lahiriah orang bertaqwa, terlihat dari ibadahnya yang bagus, berkualitas, terbaik sesuai dengan kemampuan kita,” jelas Ustadz Sambo sebagaimana difirmankan Allah SWT

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, Maka mereka Itulah orang-orang yang beruntung. (Qs. 64:16)

2. Sementara itu dari caranya bicara, orang yang bertakwa itu selalu benar, baik, tidak pernah caci maki atau marah yang berlebihan sebagaimana termaktub dalam QS. 33 : 70 “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan Katakanlah perkataan yang benar,”

3. Ciri amal batiniah orang bertaqwa, dapat dilihat dari caranya berfikir, positif (positif thinking), berfikir cerdas, perasaannya halus dan sensitif (positif feeling) serta sulit digoda oleh setan. “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa, bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya” (Qs. 7:201)

4. Ciri kualitas hidup orang bertaqwa, dapat terlihat dari hidupnya sukses, bahagia, berkah, selamat dunia dan akhirat (lihat 10 kemenangan yang didapatkan oleh orang-orang bertaqwa diatas). 

5. Ciri orang bertaqwa juga terlihat dari sifatnya yang baik, sabar, adil, tawakal dan sifat terbaik lainnya, sebagaimana Allah SWT menegaskan dalam QS. 2 : 177

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa”. (Qs. 2:177) (Red)
Sumber : https://telusur.co.id

Foto: internet

Bagikan artikel ini :