Home Internasional Turki Bagikan 2.300 Paket Sembako Kepada Muslim Rohingya

Turki Bagikan 2.300 Paket Sembako Kepada Muslim Rohingya

409
0
Bagikan artikel ini :

Globalnews.co.id (Jakarta)- Sebuah kelompok bantuan Turki membagikan 2.300 paket sembako kepada Muslim Rohingya yang terkena badai topan tropis di Bangladesh, kata kelompok tersebut pada hari Kamis, dan dilansir oleh
jurnalislam.com (3/06/2017)

Paket makanan, termasuk beras, minyak, kacang chickpea yang penuh nutrisi, tepung terigu, garam dan gula, didistribusikan ke 1.300 keluarga yang dilanda badai Topan Mora pada hari Selasa, kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH).

Munevver Huseyin, koordinator yayasan Asia Timur, mengatakan bahwa tujuh orang kehilangan nyawa mereka dalam badai tropis tersebut dan lebih dari 50 lainnya terluka.

“Sebagian besar rumah telah runtuh dan atap rumah mereka hilang tersapu badai. Di kamp Kutupalong dan Balukhali, 10.000 rumah telah hancur, membuat 400.000 orang terkena dampak,” kata Huseyin.

Sebuah undang-undang yang disahkan di Myanmar pada tahun 1982 menolak kewarganegaraan Rohingya sehingga mereka tidak memiliki kewarganegaraan, kebebasan bergerak, akses terhadap pendidikan dan layanan sosial lain, dan menderita penyitaan sewenang-wenang atas harta mereka. Padahal banyak di antara warga Rohingya yang telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi.

Mereka telah berbondong-bondong melarikan diri dari Myanmar sejak pertengahan 2012, setelah terjadi kekerasan komunal di provinsi Rakhine yang dilakukan Buddha Rakhine pada Muslim Rohingya.

Selama bertahun-tahun, anggota minoritas muslim Rohingya telah melarikan diri ke negara-negara yang berbatasan, termasuk Bangladesh.

Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki, salah satu kelompok bantuan utama negara tersebut, mengirim bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang menderita di seluruh dunia, termasuk Suriah yang terdampak akibat perang, Somalia yang dilanda kekeringan, dan daerah-daerah yang dilanda konflik di Myanmar. (R*t)

Bagikan artikel ini :