Home Edukasi 5 Cara Sehat Selama Puasa

5 Cara Sehat Selama Puasa

622
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id ( Jakarta) – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan amalan-amalan terbaik untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda, khususnya dengan berpuasa. Bagi seorang muslim, puasa adalah kewajiban. Untuk itu, dibutuhkan ketahanan tubuh untuk bisa berpuasa dengan baik tanpa mengurangi aktivitas biasa, sebab berpuasa mengurangi porsi makan dan minum yakni mulai waktu subuh hingga waktu magrib.

berikut 5 cara sehat yang baik dilakukan selama menunaikan ibadah puasa, yaitu:

1.Penuhi serat dan protein di waktu sahur. Hal ini seperti protein yang terkandung dalam telur, keju, yogurt, kacang-kacangan. Serat dalam buah, sayuran, biji-bijian dsb.

2.Hindari makan berlebihan saat berpuasa, usahakan antara waktu buka dan sahur mengkonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Sangat penting juga mengkonsumsi protein dan susu.

3.Hindari kue atau camilan berkalori tinggi. Sebaiknya orang buka puasa ‘ngemil’ beberapa kurma atau almond, bukan kue atau camilan yang tidak sehat bagi tubuh, selama bulan ramadhan.

4.Jaga suhu tubuh dan tetap hidrasi. Sebaikny minum 4 gelas di malam hari tiap 1 jam, 2 gelas waktu buka dan 2 gelas waktu sahur. Hindari minum kopi dan teh saat makan sahur, karena mengandung kafein yang bisa menyebabkan tubuh cepat dehidrasi pada siang harinya.

5.Puasa sesuai kemampuan fisik terutama bagi orang-orang lanjut usia. Memiliki riwayat kesehatan yang diperkirakan akan mengganggu puasa seseorang, juga ibu-ibu yang tengah hamil.

Demikian 5 cara sehat dalam melakukan ibadah puasa. Semoga bermanfaat. (red)
Sumber: www.dream.co.id

Bagikan artikel ini :