Home Daerah Surati Ketua DPW, Kiai Kampung Sebut Kiai Sepuh Terlalu Tekan PKB

Surati Ketua DPW, Kiai Kampung Sebut Kiai Sepuh Terlalu Tekan PKB

664
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Surabaya) – Koordinator Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) KH Fahrurrozi menilai surat dari 20 kiai sepuh NU kepada Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (Pak Halim) sangat multi tafsir, tendensius dan terlihat ada pihak yang memanfaatkan NU untuk menekan PKB.

“Surat para kiai NU yang juga struktur dalam PBNU maupun PWNU itu keluar dari garis NU yang harusnya bersikap netral dan mengayomi umat, bukan malah ikut andil dalam percaturan politik, hingga membuat surat untuk PKB terkait penentuan calon yang akan diusung PKB, padahal partai yang memiliki suara nahdiyin dan mewakili NU, tidak hanya PKB, tapi ada beberapa partai lainnya, artinya tidak seharusnya para kyai sepuh membuat surat tersebut,” ungkapnya saat ditemui di Surabaya, Selasa (23/05/2017).

Pria yang akrab dipanggil Gus Fahrur ini menegaskan, yang bertanda tangan dalam surat tersebut adalah para kyai yang ada dalam struktur NU yang harusnya menjaga khittah NU, jangan sampai para kyai dimanfaatkan pihak tertentu yang maju dalam pilgub, lantas menggunakan NU untuk mendapatkan kendaraan atau partai untuk bisa maju dalam pilgub jatim.

“Salah satu nama yang maju sebagai cagub jatim adalah Wagub jatim Saifullah Yusuf yang juga struktur di PBNU, jangan sampai Gus Ipul memanfaatkan NU dan membawa nama-nama kyai sepuh untuk mendapatkan dukungan dari partai dan itu pelanggaran besar, membuat NU keluar dari khittahnya,” ujarnya.

Sekedar diketahui, tanpa angin dan tanpa sebab sebanyak 21 kiai sepuh di Jatim mengirimkan surat ke Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar agar dalam pilgub Jatim nantinya hanya ada satu calon dari NU sebagai cagub Jatim. Para kiai sepuh tersebut khawatir ada perpecahan di tubuh NU jika ada beberapa tokoh NU maju di Pilgub Jatim. (Sty)

Bagikan artikel ini :