Home Teknologi Serangan Malware Ransonware Meluas, Kominfo Himbau Masyarakat Agar Segera Melakukan Pencegahan Sejak...

Serangan Malware Ransonware Meluas, Kominfo Himbau Masyarakat Agar Segera Melakukan Pencegahan Sejak Dini

1221
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta), Belakangan ini dunia global dikejutkan dengan hadirnya serangan malware dengan modus baru. Virus ini berbentuk ransonware, yaitu salah satu malware yang paling ganas karena menyerang semua data yang ada di PC Windows. Jadi, jika suatu PC terinfeksi virus ini, maka semua data tidak dapat dibuka.

Berangkat dari kondisi inilah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk segera melakukan pencegahan sejak dini terhadap serangan ransomware baru bernama WannaCry.

Berdasarkan laporan dari kominfo, dalam perkembangannya di Indonesia, ransoneware ini sudah menyerang server beberapa rumah sakit di Jakarta, seperti RS Harapan Kita dan RS Dharmais.

Dalam Konfrensi Pers yang di laksanakan pada Minggu (14/5) di Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menghimbau kepada masyarakat agar tanggap untuk mencegah serangan teroris cyber ini. Langkah paling sederhana terkait hal ini adalah mematikan jaringan internet yang terhubung dengan komputer.

“Sebelum menghidupkan komputer, pastikan tidak terhubung dengan jaringan data atau internet dan back up datanya. Kalau pun terkena virusnya, setidaknya data cadanganya ada, ” kata Rudiantoro saat ditemui globalnews di sela-sela pasca Koferensi Pers di Jakarta.

Ia juga menambahkan agar masyarakat pada Senin besok memastikan server komputernya tidak terhubung dengan internet guna mengantisipasi serangan ransonware.

“Untuk organisasi, kementerian atau lembaga, korporasi kan belum masuk kantor. Karena baru masuk kantor Senin. Nah pastikan komputer, server-nya untuk tidak terhubung dengan jaringan internet dulu,” terang Rudiantara.

Ditemui secara terpisah dalam kesempatan yang sama, Praktisi Information Teknologi (IT) Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII), Adi Jailani menambahkan agar admin atau teknisi suatu lembaga untuk rajin-rajin updating windows atau patching.

“Malware Ransonware menyerang PC yang menggunakan Windows 8 ke bawah. Jadi, sejauh ini untuk Windows 10 masih aman.Untuk itu, admin kantor harus rajin update windows, “ ujarnya.

Bagikan artikel ini :