Home Edukasi Kemendes PDTT harap Semua Pihak Berpartisipasi Bangun Desa

Kemendes PDTT harap Semua Pihak Berpartisipasi Bangun Desa

1461
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menilai bahwa pihaknya membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak dalam bekerja membangun desa. Bisa melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya mendukung elektrifikasi tersebut.

“Membangun desa tidak bisa berdiri sendiri. Butuh peranan semua pihak untuk terlibat di dalamnya, termasuk untuk listrik ini. BUMDes bisa dilibatkan,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, dalam Diskusi Forum Energizing, di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Menteri Eko mengatakan, BUMDes bisa dilibatkan dengan membantu pembangunan transmisi listrik melalui dana desa. Rata-rata satu desa satu megawatt. Dengan fokus pada pembangunan infrastuktur terlebih dahulu.

“Rata-rata satu desa satu mega watt. Bisa menggunakan instalasi listrik tenaga surya atau air. Kita perlu fokus dulu membangun infrastrkturnya agar desa menjadi terang benderang,” lanjutnya.

Menteri Eko menambahkan, penting untuk membangun optimisme masyarakat desa karena pembangunan di desa-desa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Optimisme tersebut, lanjutnya, terbukti diantaranya dengan pembangunan sekitar 66.000 kilometer (Km) jalan desa, 5.000 Km jembatan dan 38.000 unit penahan longsor.

“Ini belum pernah ada dalam sejarah republik ini. Pembangunan di desa-desa yang dilakukan langsung oleh masyarakat desa,” ungkapnya.(red)

Sumber:kemendesa.go.id
Foto:internet

Bagikan artikel ini :