Home Hukum & Kriminal Hati-hati! Serangan Teroris Siber Sudah Masuk Ke Indonesia

Hati-hati! Serangan Teroris Siber Sudah Masuk Ke Indonesia

939
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta) – Fenomena serangan siber yang telah melanda di beberapa negara, akhirnya masuk juga ke Indonesia. Berdasarkan laporan yang diterima Kominfo, serangan ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais. “Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber”, bunyi siaran press yang dikeluarkan Sabtu (13/05/2017).

Dalam rilis tersebut, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menyampaikan serangan siber ini bersifat masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa dikategorikan teroris siber.

Serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru ini disebut Wannacry.

Seperti namanya, ransomware ini jenis serangan yang meminta ransom atau dana tebusan agar file-file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dengan 300 dollar amerika. Selain memberikan alamat bitcoin untuk pembayaran, penyerang juga memberikan batas waktu pembayaran dan waktu dimana denda tebusan bisa naik jika belum dibayar juga. (red)

foto: internet

Bagikan artikel ini :