Home Hukum & Kriminal Datangi Komnas HAM, Alumni Aksi 212 Adukan Kriminalisasi Ulama dan Aktivis

Datangi Komnas HAM, Alumni Aksi 212 Adukan Kriminalisasi Ulama dan Aktivis

551
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta) – Ketua Presidium Aksi 212, Ansufsiri Idrus Sambo bersama tokoh-tokoh lainnya mendatangi kantor Komnas Ham di jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta pusat, Jumat (28/4/2017). Tujuannya adalah untuk menyampaikan aduan terkait kriminalisasi terhadap para ulama dan aktivis serta meminta Komnas Ham untuk membentuk tim investigasi yang bertugas mengusut kasus-kasus pelanggaran ham yang dialami ulama aktivis.

“Dan kita menuntut untuk supaya dilakukan dan atau dibuat tim gabungan pencari fakta bagaimana segala macam bentuk intimidasi kriminalisasi atau bahkan teror itu diungkap, baik pelaku yang langsung atau aparat yang langsung atau perencananya atau bahkan pelaku intelektualnya dari semua strata sampai ke atas”, jelas dia.

Kedatangan rombongan diterima baik oleh Komnas Ham. Komisioner Komnas Ham, Natalius Pigai memberi penjelasan, menyampaikan pendapat di muka umum dijamin oleh berbagai instrumen hukum dan ham. Baik skala nasional yang terkandung dalam undang-undang pancasila, maupun skala internasional yang terkandung dalam deklarasi kairo.

“jadi apa yang disampaikan bapak-bapak, ibu-ibu ulama’-ulama’ dan tokoh-tokoh itu ada dasar pijakannya, baik itu undang-undang dasar, hukum nasional, hukum internasional maupun deklarasi kairo sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam deklarasi human right dan tentang hak asasi manusia”, tambah dia.(red/u*h)

Bagikan artikel ini :