Home Nasional Sidang Pledoi Ahok, Hakim Tak Boleh Terpengaruh

Sidang Pledoi Ahok, Hakim Tak Boleh Terpengaruh

1031
0
Bagikan artikel ini :

globalews.co.id (Jakarta) – Sidang lanjutan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan kembali digelar di Gedung Kementerian Pertanian, Selasa (25/04/2017). Sidang kali ini akan mendengarkan pembacaan nota pembelaan dari Ahok dan Penasehat Hukumnya.

“Persidangan esok hari, agendanya mendengarkan Ahok membacakan pembelaan pribadinya di hadapan persidangan, selain itu juga pembacaan pledoi dari PH Ahok”, Ujar Tim Advokasi GNPF FUI, Nasrulloh Nassution di kawasan Condet, Jakarta Timur, Senin (24/4/2017).

Nasrulloh juga menyampaikan bahwa agenda pembacaan pledoi pada persidangan merupakan hak yang diberikan oleh KUHAP kepada terdakwa untuk membantah tuduhan dan analisis hukum Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tertuang dalam surat dakwaan dan surat tuntutan. “Pasal 182 KUHAP memberikan hak kepada Ahok dan penasehat hukumnya untuk mengajukan Nota pembelaan atau Pledoi setelah JPU mengajukan tuntutan pidana ”, tambahnya.

Dalam nota pembelaannya, Ahok tidak akan merasa bersalah menista surat Al Maidah 51, sama seperti nota keberatan (eksepsi) yang diajukan dan ditolak pada awal persidangan.“Ahok tidak akan merasa bersalah dan menyesal telah menista Surah Al Maidah 51. Isi eksepsi yang pernah dibacakan Ahok akan kembali diulang dalam pledoi antara lain Ahok kalah di Pilgub Bangka Belitung 2007 karena selebaran Surah Al Maidah 51, Ahok menutup Kalijodo, Ahok memberangkatkan umrah marbot masjid, Ahok membangun masjid, Ahok memberikan hewan qurban, dan sebagainya,” jelas dia. (red)

Sumber: fosdais.com
Foto: internet

Bagikan artikel ini :