Home Daerah Kodam V Brawijaya Gelar TMMD

Kodam V Brawijaya Gelar TMMD

843
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Surabaya) – Kodam V Brawijaya menggelar Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 di Tuban, Rabu,(5/4). Digelarnya TMMD ini untuk menunjukkan pengabdian TNI terhadap masyarakat.

Gubernur Jatim Soekarwo saat bertindak sebagai Irup pembukaan TMMD di Tuban mengatakan program TMMD ini telah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat. Dimana menteri dalam negeri telah mengeluarkan surat pada 16 Januari 2017 kepada Gubernur, Bupati/Walikota se Indonesia agar melaksanakan program TMMD setahun tiga kali.

“TMMD ini bagus, karena ini bisa menjaga keutuhuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi guyub dan rukun. Dan pemprov Jatim siap melaksanakan instruksi mendagri setahun tiga kali,”tegasnya.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya, Mayjen I Made Sukadana mengatakan TNI siap melaksanakan intruksi melaksanakan TMMD setahun tiga kali di Jatim. “Bagaimanapun TNI harus siap melaksanakan instruksi tersebut, karena TMMD ini membuat manfaat bagi prajurit bisa dekat dengan masyarakat,”tegasnya.

Lebih lanjut, TMMD di Kabupaten Tuban ini pihak TNI sudah membantu pembangunan fisik seperti perbaikan jalan di desa plumpang, perbaikan rumah, dan perbaikan saluran irigasi untuk pertanian. Sedangkan untuk non fisik pihak TNI juga mengadakan sosialisasi kebangsaan, sosialisasi bahaya narkoba, dan kegiatan keagamaan “TMMD ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraab masyarakat sekitar, dan masyakat dapat guyub dan bergotong royong menjaga keutuhan NKRI,”tegasnya.

Ia menambahakan, TMMD ini juga diadakan di Trenggalek, Banyuwangi, Jember, dan Bangkalan. Dimana anggaran TMMD ini dari Pemerintah Provinsi Jatim, Kabupaten/Kota di Jatim, dan Bank Jatim. (Setya)

Bagikan artikel ini :