Home Daerah Jatim dan Swiss Tingkatkan Kerjasama Bidang Riset

Jatim dan Swiss Tingkatkan Kerjasama Bidang Riset

590
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Surabaya) : Hubungan kerja sama Jatim dan Swiss diperkuat di bidang riset dengan perguruan tinggi supaya bisa menghasilkan produk-produk yang jauh lebih bagus. Hal itu ditegaskan Gubernur Jatim Pakde Karwo ketika menerima Kunjungan Duta Besar Swiss Untuk Indonesia Yvonne Baumann, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (29/3). 
 

Menurut Pakde Karwo, Swiss sebagai negara yang maju karena kualitas teknologinya. Kemajuan Swiss di bidang Vokasional juga diharapkan bisa diperluas. Maka dari itu, Jatim ingin memperkuat kerja sama di bidang riset dengan Kementerian Perdagangan dan Swiss.

 

Mengingat kerjasama bidang riset ini sangat penting, maka akan ditindak lanjuti secara serius dengan membentuk tim untuk memperjelas pelaksanaan program kerja sama. “Nantinya akan dibahas apakah peserta didik yang dapat langsung magang di perusahaan Swiss atau mendatangkan pelatih dari Swiss ke Jatim. Dengan metode riset secara langsung seperti ini diharapkan dapat mengembangkan keahliannya. Karena orang-orang yang pintar, juga harus dilengkapi degan Skill/ ketrampilan yang bagus,” jelasnya.

 

Diungkapkan oleh mantan Sekdaprov Jatim ini,sebagai salah satu negara tujuan eksport Jatim, Swiss tahun 2012 berada di urutan ke 92, namun dari tahun ke tahun beranjak naik, pada tahun 2014 di urutan ke 66, tahun 2015 urutan ke-6, dan tahun 2016 di urutan ke-3. Terakhir pada periode Januari – Pebruari 2017 berada di urutan ke-3.

Sedangkan komoditi utama non migas Jatim dari Swiss adalah perhiasan/ permata, mesin-mesin pesawat mekanik, bahan kimia organik, plastik, serta lemak dan minyak hewan/ nabati, produk industri farmasi,minyak atsiri, kosmetik, wangi-wangian, mesin/ peralatan lsitrik, olahan dari tepung dan perangkat optik.Investasi Swiss di Jatim sampai 2015 US$ 627,8 juta terdiri dari 18 proyek yang menyerap 6.398 tenaga kerja. Terbanyak berupa industri makanan (8 proyek). (Setya)

Bagikan artikel ini :