Home Nasional Selama Perayaan Hari Nyepi Para Wisatawan Bali Pindah Ke NTB

Selama Perayaan Hari Nyepi Para Wisatawan Bali Pindah Ke NTB

1047
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Mataram) – Pada hari ini 28 Maret 2017 merupakan hari raya Nyepi, maka itu Bali dipastikan akan mati suri selama perayaan Nyepi. Hal ini dikarenakan tidak diperbolehkan adanya aktifitas yang dilakukan dalam perayaan Nyepi. Oleh karena itu baik wisatawan domestik ataupun mancanegara dipastikan tak bisa keluar dari tempat penginapan mereka.

Dengan adanya perayaan Nyepi sejumlah turis memilih untuk pindah liburan ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Wisatawan memindah acara liburan mereke ke tiga gili yang berada di Lombok.

Tiga pulau itu adalah yang paling banyak dikunjungi oleh turis dari mancanegara ataupun domestik. Wisatawan memilih menghabiskan liburan di Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan selama Hari Raya Nyepi. Para wisatawan sudah mulai pindah ke lokasi lain sejak Minggu, 26 Maret menggunakan kapal cepat. Mereka memilih meninggalkan Bali sebelum puncak acara dilakukan pada malam nanti (28/3).

Di setiap tahunnya tiga gili di Lombok memang menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur. Para wisatawan memilih Lombok karena di Pulau Dewata seluruh aktifitas ditiadakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati sebagai umat Hindu yang tengah menjalani perayaan Nyepi.

Majelis Utama Desa Pakraman Provinsi Bali sendiri juga telah memberikan himbauan. Pihaknya mengharapkan agar wisatawan agar menunda liburan ke Bali. Anjuran yang diberikan sendiri untuk menyambut Tapa Brata Penyepian pada Selasa esok. Selain itu ada juga hal lain yang memang menyulitkan mobilitas turis saat di Bali.

Puncaknya sehari sebelum Nyepi. Walaupun tamu tidak seramai seperti bulan Juli-Agustus, namun kedatangan turis kali ini cukup berdampak pada usaha penginapan. Cuma dua hari yaitu Selasa dan Rabu,karena biasanya tanggal 29 (Maret) mereka sudah check out, ujar Acok Bassok selaku pengelolah bungalows di Gili Trawangan.

Ada enam pelabuhan yang tak dioperasikan saat Hari Raya Nyepi. Sehingga tak ada transportasi baik menuju ataupun meninggalkan pulau pada hari raya Nyepi. Akses untuk keluar masuk pulau Bali juga akan ditutup agar perayaan Hari Raya Nyepi dapat berlangsung lancar. (RKF)

Sumber foto : internet

Bagikan artikel ini :