Home Daerah Atasi Langganan Banjir, Pramuka Jatim Lakukan Gerakan 1 Juta Lubang Biopori

Atasi Langganan Banjir, Pramuka Jatim Lakukan Gerakan 1 Juta Lubang Biopori

1028
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Surabaya) – Pemprov Jatim mendukung gerakan membuat 1 juta lubang biopori yang diprakarsai oleh Pramuka Jatim untuk antisipasi banjir.

“Pembuatan lubang biopori akan dilakukan oleh pengurus cabang Pramuka di seluruh kabupaten kota di Jatim. Targetnya pada tahun ini, bisa ditanam 1 juta lubang biopori,” demikian disampaikan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf saat Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Tahun 2017 di Rumah Makan Agis, Surabaya, Kamis(23/3).

Wagub Jatim menjelaskan, banyak fungsi yang bisa didapat dengan adanya lubang biopori. Diantaranya mencegah terjadinya banjir, tempat menampung air, mengolah sampah organik yang kemudian bisa dijadian kompos dan juga meningkatkan air tanah. “Lubang biopori adalah pengganti tanah yang ditutup oleh paving dan lahan yang dibuat perumahan. Kita ketahui satu sumur resapan setaara dengan satu pohon. Jadi kalau ada 10 lubang resapan setara dengan satu pohon. Apabila dibuat 1 juta lubang setara dengan tanam 100 ribu pohon. Inginnya di tahun mendatang bisa mencapai 1 milyar lubang” jelasnya.

Tentunya, tambah mantan Menteri PDT ini, pembuatan lubang biopori juga membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak seperti perusahaan swasta yang mempunyai dana coorporate Social Responsibility (CSR).

“Pada akhirnya hal sepert ini ini akan menjadi inspirasi bagi semua pihak agar lebih peduli kondisi lingkungan. Hal yang perlu digaris bawahi adalah betapa penting air. Semua diharapkan perlu berikan eprhatian terhadap keseimbangan alam bagi anak cucu,” tambahnya.(Setya)

Bagikan artikel ini :