Home Opini/Artikel 8 Cara Menikmati Kemacetan Di Jalan

8 Cara Menikmati Kemacetan Di Jalan

1893
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta) –  Menghadapi kemacetan setiap hari kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, sudah menjadi rutinitas keseharian setiap pagi jam masuk kantor dan sore sampai malam hari pada jam pulang kantor itu hal nggak enak banget dan bikin kita stress! Tapi sebagai orang kreatif dan inovatif, kita harus pintar mengambil sisi positif ataupun melihat peluang di kesempatan sempit sekalipun.

Ada beberapa cara bisa dicoba kita untuk menikmati indah kemacetan atau solusi dari menghindar kemacetan :

1. Hindari Jam Mematikan
Pandailah mengatur waktu, Waktu paling mematikan di Jakarta adalah jam 7 am – 9 am (jam berangkat kantor) dan 4 pm – 8 pm (jam pulang kantor). Sebisa mungkin hindari rentang waktu kemacetan .Bisa dihindari berangkatlah kerja lebih cepat atau pulang kerja lebih malam santai di kantor sambil ngobrol, kerjaan tugas belum selesai, mendengar musik atau main games di handphone.

2. Gunakan Kendaraan Alternatif.
Kalau nggak mau menambah macet Jakarta ya sebaiknya jangan membawa kendaraan pribadi. Ada banyak kendaraan alternatif di Jakarta. Nggak mau panas-panasan di Kopaja atau Kopami ya naiklah Trans Atau  kendaraan ojek online seperti Gojek,uber Grab Bike. Cepat dan bisa nyelip-nyelip dan meminimalisir macetlah.

3. Commuter Line
Kereta api juga alternatif di Jakarta yang bisa di nikmati yaitu commuter line. No macet dan sampainya cepat lagi.

4. Cari Hiburan
Ke mall, ke bioskop, ke cafe terdekat kantor menjadi solusi kegiatan yang mengasikkan bersama teman-teman kantor, orang tercinta, atau keluarga.

5. Mengamati Hal-hal Sederhana
Jangan terlalu terpaku dengan kemacetannya.Moment macet ini kita gunakan untuk mengamati dan mengenal sekeliling kita. Bisa jadi selama ini kita cuma pengin cepat-cepat sampai di rumah tanpa pernah sadar ternyata ada hal-hal unik yang kita lewati di perjalanan. Misalnya nih, ternyata kita selalu satu angkutan dengan seseorang atau ternyata kita selalu melewati empat lampu merah sebelum sampai di halte dekat rumah. Hal-hal sederhana yang membuat kita semakin kenal dengan lingkungan.

6. Membantu Mengademkan Situasi
Jangan ikutan panas saat membawa kendaraan atau memanasi keadaan saat di angkutan umum. Kemacetan Jakarta segitu-segitu aja walaupun jalananannya padat merayap nanti sampai juga di rumah atau tujuan kita.

7. Gonta-ganti Rute
Mengganti rute perjalanan walaupun tetap kena macet, setidaknya suasana macetnya beda. Cari jalan memotong atau jalan tikus untuk menghindari macet atau lihat aplikasi handphone seperti paket waze atau check sosial media khusus update berita kemacetan untuk mengetahui lokasi kemacetan yang ada.

8. Tetap Kreatif Teknologi di Waktu Macet.
Dengan melakukan aktivitas yang nggak bisa (sempat) kamu lakukan saat nggak macet. Misalnya menghapus pesan-pesan nggak penting di HP, membuat up date status di sosial media, dengar radio, dengar musik sambil menyanyi, cari kenalan di sosial media, baca gosip terbaru atau berita politik yang lagi panas.
(RKF)

Bagikan artikel ini :