Home Eropa & Amerika Inilah Karma untuk AS

Inilah Karma untuk AS

439
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta) – Michael Cohen, analis politik Amerika, di situs The Guardian pernah mengatakan:”Ketika Washington sibuk mengorbankan darah dan dana untuk sesuatu yang disebutkan perang melawan terorisme, AS justru menghadapi masalah dari dalam negerinya sendiri akibat kejahatan senjata dan perlindungan kesehatan yang tak memadai”.

Menurut dia, kelompok liberal dan konservatif AS terus saja berselisih di urusan politik sementara aturan soal pengendalian senjata yang tak terkendali justru seperti jalan di tempat.

“Penembakan di Aurora adalah indikasi sakitnya negara ini akibat pelanggaran senjata dan kekerasan. Tragedi ini juga mengungkap hal lain yaitu penyangkalan nasional yang berujung pada ancaman untuk kita semua,” ujarnya lagi.

Cohen juga mengingatkan bahwa sebagian besar warga AS meninggal dengan satu dari empat penyebab ini di antaranya sakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronis. Tiap penyakit ini dipicu oleh sejumlah faktor seperti merokok, diet, kurang aktivitas fisik, dan alkohol.

Dia melanjutkan, situasi ini adalah akibat dari kegagalan bukan hanya dari para pemimpin politik tetapi juga kegagalan sistem politik.

‘Namun, apa pun alasannya, hasilnya sama karena seperti diungkap pula oleh Mitt Romney, satu negara yang menganggap dirinya kekuatan terbesar di dunia namun faktanya mereka membusuk dari dalam karena tak mampu mengatasi penyakit dari dalam tubuhnya sendiri,’papar Cohen.

Sumber: https://www.theguardian.com/commentisfree/2012/jul/25/america-overreacting-to-outside-threats

(Andre Novasagita)

Bagikan artikel ini :