Home Ekonomi Rakernas ISLA-UNHAS : Kelola Laut Nasional Butuh SDM Handal dan Profesional

Rakernas ISLA-UNHAS : Kelola Laut Nasional Butuh SDM Handal dan Profesional

674
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id (Jakarta) – Indonesia kaya Sumber Daya Alam laut, tak berarti bila tidak mampu dikelola dengan baik. Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) handal dan profesional suatu keharusan dalam rangka mengoptimalkan pembangunan kelautan nasional.

“Kita tidak bisa berbangga atas banyaknya SDA, andaikan kita sebagai rakyat Indonesia kalau tidak bisa memanfatkannya dengan segala kompetensi amat disayangkan ,”ujar Direktur Pengembangan dan Teknologi Industri Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mulyadi Alimuddin, S T.

Menurut Dia, membangun SDM yang profesional unggul dan terdepan sebagai poros pembangunan kelautan nasional 2017, mutlak harus dimiliki pemerintah, contoh banyak negara yang tidak punya SDA, dengan SDAnya, mereka lebih maju dari masyarakat Indoensia ,”masih banyak yang bisa dibuat untuk meningkatkan teknologi di kapal-kapal, KKP akan membangun perekonomian di pulau-pulau terluar di seluruh indonesia,” jelasnya

Begitu juga dengan kekayaan laut lainnya misalnya, biota laut bisa dijadikan penghasikan tambahan masyarakat nelayan, kulit kerang bisa dijadikan obat-obatan, kulit kerang dijadikan kerajinan tangan. Banyaknya biota laut yang menjadi nilai tambah,”inilah yang harus dirubah dengan membangun sumber daya manusia di daerah pesisir indonesia.Disinilah peran mahasiswa dalam mendapingi,”ungkapnya

Ditambahkan, nilai tambah kelautan pangan dan energi dalam regulator hampir seluruh kementerian berbicara tetang kelautan serapannya hanya dari lahan, sementara bicara investasi harus ada regulasi dan bicara tetang perikanan tangkap berapa jumlah kapal, siapa yang menjadi pelakunya, bicara dalam wisata bahari objek apa yang harus menjadi prioritas yang di kelola peran peran apa yang di lakukan masyarakat untuk menciptakan pendapatan masyarakat sekitar.

Selain Mulyadi, Rakernas Isla Unhas ini juga dihadiri pakar kelautan. Kebijakan Pembangunan Kelautan Nasional Dr Ir safri Burhanuddin D E A Deputi Bidang Keoorganisasian SDM Iptek dan Budaya Maritim.

“Unhas harus berperan sebagaimana membudayakan ikan, Unhas di harapkan dalam Rakernas Isla Unhas harus ada rekomendasi ke depan program yang akan dllakukan, untuk pengembangan teknologi bisa berkerjasama dengan kementerian Riset Teknologi,”pungkasnya.(jaf)

Bagikan artikel ini :