Home Nasional Kemkominfo Bahas Hoax Dalam Raker Dengan Komisi I

Kemkominfo Bahas Hoax Dalam Raker Dengan Komisi I

811
0
Bagikan artikel ini :

globalnews.co.id, Jakarta – Dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menjelaskan bahwa mengatasi konten negatif di medsos atau berita hoax pihaknya memulai dari hulu, “kalau dimulai dari hilir pemutusan dan pemblokiran memakan waktu dan capek”, kata Rudi pada Raker di ruang rapat Komisi I, Gedung Nusantara III DPR RI, Senin (11/2).

Sedangkan dari hulu menurut Rudi, lebih kepada penyadaran pelaku hoax melalui sosialisasi dengan memberi asupan kepada pelaku biar berperilaku bijak di medsos.

Dalam mengatasi konten-konten negatif di medsos, Kemkominfo melakukan beberapa kegiatan penyebaran narasi tunggal infografis melalui penyebaran dan memviralkan konten anti hoak, dan mendorong komoditas medsos memiliki kode etik.

Memproduksi konten informasi melawan hoax, kerjasama dengan masyarakat anti fitnah Indonesia dan komunitas TIK dengan sosialisasi turnback hoax.

Dan kerjasama dengan ICT Watch membuat film dokumenter anti hoax, yang akan diputar bersama komunitas TIK dan bloger, serta kampanye bijak hadapi hoax berkoordinasi antar Kementeria. (zal)

Bagikan artikel ini :